Pages

Kalibrasi Baterai Laptop (menyetel ulang baterai laptop)


Kalibrasi Baterai Laptop, mungkin ini asing bagi anda. Pernahkah anda mengalami pada waktu menggunakan laptop, baru satu jam tiba-tiba baterainya sudah habis? Padahal baterai tersebut baru saja diisi ulang.

Tentu ini pengalaman yang tidak mengenakkan. Apalagi pada saat itu laptop sedang asik-asiknya digunakan ditempat umum yang ada free wifinya. Dan sayangnya yang namanya tempat umum tentunya tidak menyediakan colokan listrik buat mengisi ulang baterai laptop kita. Yah...buyar dong senang-senangnya.

 Kalau pernah mengalami yang seperti ini jangan salahkan dulu baterainya. Mungkin anda mengira bahwa baterai laptop anda sudah rusak. Dan anda menyalahkan kualitas baterai laptop anda yang anda beli yang mungkin saja umurnya belum genap dua tahun.

Jangan buru-buru untuk mengganti baterai anda dengan yang baru. Ada caranya bagaimana mengetahui baterai kita masih bagus atau tidak.

Biasanya kejadian di atas dikarenakan tenaga atau daya yang ada di dalam baterai tidak benar-benar terisi secara penuh. Ini biasanya terjadi jika pada pemakaian laptop sehari-hari, misal di rumah atau di kantor selalu menggunakan sumber listrik lewat adapter sebagai sumber dayanya.

Kejadian ini bisa terjadi dikarenakan kita sering  menyalakan laptop dengan menggunakan adapter listrik, biasanya sampai hitungan bulan. Akibatnya cel-cel yang ada di dalam baterai dayanya jadi semakin melemah. Tegangan yang terdeteksi oleh laptop tidak sama dengan kapasitas daya yang terdapat dalam baterai. Di layar terdeteksi bahwa baterai bisa men-supply selama 5-6 jam, tapi kenyataannya waktu dinyalakan hanya mampu bertahan satu jam saja.

Ada 2 cara, untuk melakukan kallibrasi baterai cara pertama dengan masuk kedalam BIOS, cara kedua dilakukan dengan manual apa-adanya.. hehehe. 

Cara Pertama saya akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara menkalibrasi baterai laptop secara manual tanpa software yang tentunya dijamin aman dan semua laptop bisa memakai cara ini... Cekidott

1. Pakailah laptop seperti biasa hingga indikator baterai menunjukan 5%

2. Dalam kondisi baterai 5% "hibernate"-lah laptop anda.

3. Tunggu laptop hingga benar-benar mati total, ini akan memakan waktu berjam-jam. maklum baterai laptop harus benar-benar 0% agar kalibrasi berjalan dengan lancar.

4. setelah laptop benar-benar mati "charge"-lah dalam keadaan mati jangan dihidupkan sebelum benar-benar full...

5. baterai laptop anda telah terkalibrasi, dijamin akan lebih tahan lama dari sebelumnya.. :)

 
Cara kedua melalui BIOS, tapi perlu diingat hanya merk laptop tertentu, ada sebuah fitur yang fungsinya untuk melindungi baterai dari pengisian ulang secara terus menerus menjadi penuh 100%. Dengan adanya fitur ini bisa diharapkan umur baterai jadi lebih panjang.

Untuk mengetahui apakah di laptop kita ada atau tidak fitur tersebut adalah coba arahkan kursor pada gambar baterai yang ada di Taskbar di pojok kanan bawah layar. Pada saat ini, kondisi laptop menyala dengan supply tegangan dari adapter. Jika pada saat cursor berada pada gambar baterai dan muncul tulisan "80% available (plugged in, not charging)" berarti di laptop anda sudah ada fitur Battery Life Cycle . Jadi pada saat pengisian telah mencapai 80%, pengisian ulang secara otomatis berhenti.


Fitur ini bisa diaktifkan lewat menu yang ada di BIOS. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk ke BIOS dengan me-restart laptop. Tekan F2 dan silahkan cari nama menu Battery Life Cycle Extension. Kemudian seting menjadi Enable tekan ESC> SAVE> Restart Laptop.


Setelah itu kita mulai proses kalibrasinya.

1. pastikan anda sudah mencabut kabel adaptor dari laptop anda.
(tidak dalam kondisi mengisi baterai)

2. lalu masuk ke dalam BIOS lagi.

3. cari menu setting baterai, lalu enter pada menu Smart Battery Calibration




4. Di layar anda nampak prosentase daya baterai dari 0% sampai 100%. Cabut colokan adapter yang menancap di laptop kemudian tekan enter.


5. Tunggu laptop hingga mati, proses ini akan berjalan lama, karena pada fase ini laptop harus benar-benar tidak digunakan. jadi lebih baik anda melakukan kalibrasi ini dalam keadaan laptop sedang tidak dibutuhkan

6. setelah laptop benar-benar mati colokkan kabel adaptor ke laptop anda, isi baterai laptop anda sampai benar-benar full, pastikan dalam keadaan mati sehingga pengisian berjalan sempurna. :)

7. setelah full pakailah laptop anda seperti semula, dijamin baterai akan lebih awet dari sebelumnya.



Selamat mencoba dan Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.. :D

154 comments:

  1. trims infonya yaa...
    saya mau nulis artikel juga tentang ini
    kalau sempat mampir di www.semuaccara.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Menu baterry life cycle extension kok tidak ada di menu bios saya ? Pdhl laptop saya ada indikator baterai spti di gmbr ats. ( saya pakai asus )

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf agak telat balasnya, menu itu hanya tersedia di laptop tertentu. jadi hanya laptop yang ada driver life cycle extensionnya..
      pakai cara yang manual aja cukup berfungsi kok. :)

      Delete
  3. " 4. setelah laptop benar-benar mati "charge"-lah dalam keadaan mati jangan dihidupkan sebelum benar-benar full... "
    benar-benar full disini kisaran brp jam yach?, sebelumnya makasih untuk info penting ini, reply yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa dilihat dari indikator baterai yang ada di laptop.. :D

      Delete
    2. kalo laptop dalam keadaan mati susah mas, soalnya pengisiannya bukan berdasarkan persentase, indikatornya cuma lampu aja, kadang kalo ngisi dalam keadaan mati lampunya udah ijo pas laptopnya dinyalain baternya baru terisi 90%...
      itu gimana mas,?

      Delete
    3. ini juga gimana maksudnya mas,?
      1. pastikan anda sudah mencabut kabel adaptor dari laptop anda.
      (tidak dalam kondisi mengisi baterai)
      4. Di layar anda nampak prosentase daya baterai dari 0% sampai 100%. Cabut colokan adapter yang menancap di laptop kemudian tekan enter.

      itu kan nomor 1 perintahnya cabut adapternya, di nomor 2 & 3 ga ada perintah buat ngecharge, trus di nomor 4 suruh cabut lagi, kan itu dalam keadaan tidak dicharge jadi apa yang harus dicabut,?

      Delete
    4. untuk pengisian laptop secara penuh itu biasanya normalnya hanya 4 jam sudah penuh secara maksimal.

      Delete
    5. untuk pertanyaan kedua : nomer 1 itu pastikan laptop anda tidak dalam keadaan sedang dicharger. yang nomer 4 itu dibuat jaga-jaga misalkan ada yang lupa menyalakan laptop dalam kondisi dicharger mas.
      terimakasih

      Delete
    6. Mas mau tanya laptop saya baru beberapa hari,pas habis beli tu batrei nya nggak saya isi secara full..tes waktu saya charger presentase batrei belum 0% terus sekarang batrei nya boros..apakah itu mempengaruhi?terus cara mengatasinya apakah sama yg di atas?

      Delete
    7. Bateri nb sy di cas tapi nda mengisi padahal sdah lama di cas

      Delete
  4. akhirnya nemuin juga cara kalibrasi yang simple, terima kasih kang ilmunya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama saya juga senang sekali bisa berbagi ilmu.. ^^

      Delete
  5. kog pas di menu bios di pencet F2 kog tdak bereaksi apa apa ya gan masih masuk spt biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuman untuk laptop" tertentu aja gan yang ada software untuk batrenya.. :D

      Delete
  6. kalo mau kalibrasi, apakah daya batterai laptop harus 80 % ??? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan caranya dibaca lagi.

      1. Pakailah laptop seperti biasa hingga indikator baterai menunjukan 5%

      2. Dalam kondisi baterai 5% "hibernate"-lah laptop anda.

      3. Tunggu laptop hingga benar-benar mati total, ini akan memakan waktu berjam-jam. maklum baterai laptop harus benar-benar 0% agar kalibrasi berjalan dengan lancar.

      4. setelah laptop benar-benar mati "charge"-lah dalam keadaan mati jangan dihidupkan sebelum benar-benar full...

      5. baterai laptop anda telah terkalibrasi, dijamin akan lebih tahan lama dari sebelumnya.. :)

      Delete
    2. Mas, mau tanya.. pada saat laptop dlm kondisi hibernate bagaimana mengetahui bahwa battery sudah 0%? Terimakasih

      Delete
    3. Biasanya lampu indikator padam

      Delete
    4. Mau tanya nih sama pakarnya kenapa saya baru beli baterai baru.di pakai baru 20 menitan,dilihat persentasenya masih 80% tau mati terus di cas ga mau ngisi lagi apanya ya kira kira

      Delete
  7. cas dalam keadaan laptop mati, cara tau nya klau sudah penuh dari mana um, kan layarnya mati..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di laptopnya kan ada lampu keterangan pengisian daya mba. biasanya berwarna biru menandakan sudah full

      Delete
  8. Walaupun dicharge presentase batre laptop saya nggak mau nambah, dan laptop nggak mau hidup kalo nggak ditancepin kelistrik
    Kalo dicharge(dlm keadaan mati) lampu indikatornya lama lama mati juga .. laptop tetap nggak mau idup
    Gimana solusinya?

    ReplyDelete
  9. Mas. mohon maaf , pertanyaan yang sama dengan Mas Yudha Agung, Mohon solusinya..

    ReplyDelete
  10. Trima ksh bwat infox..., sukses!!!

    ReplyDelete
  11. point no 2 kan di hibernate mas, nah saat posisi hibernate itu, gmn caranya kita bisa tau isi baterei benar-benar 0% ?? tolong penjelasannya mas. terima kasih.

    ReplyDelete
  12. malam bro ma nanya nih,,,sebelumnya baterai,baik baik saja,,kok tiba2 jadi lowbat ya,,
    gara2 baterai saya lepas,,karna saya berpikir main di rumah untuk apa di pasang baterai nya,,sayang takut rusak,,,dan ketika saya pasang lagi baterai nya jadi lowbat hanya hitung kurang lebih 15 menit mati total,,,kira kira gimana ya solusi nya,,apa bisa dengan kalibrasi atau memang baterai saya sudah rusak,,,mohon pencerahan nya broo,,,,laptop saya asus,,,thanx ditunggu jawaban ya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. melepas baterai dalam kondisi mencharger tidak Di Rekomendasikan. karena khawatirnya jika tiba-tiba mati listrik mati akan berdampak ke hardisk anda yang akan berhenti tiba-tiba.
      untuk masalah baterai jadi lowbat saya kurang tau apa penyebabnya. hehehe
      Terima Kasih.

      Delete
  13. apakah untuk baterai laptop yang masih baru tapi sudah agak boros baik untuk di kalibrasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja, kalibrasi digunakan untuk mengembalikan titik nol sebuah baterai. :)

      Delete
    2. Gan laptop saya mati tiba tiba padahal sdh ganti batt sdh ganti MB 50 % lgsung mati

      Delete
  14. Setelah saya coba cara 1,
    Disigned capacity : 32800 mWH
    Total capacity battery = 32600 mWH menjadi 29690 mWH(setelah memakai cara yg pertama).
    Wear level : 2.27% menjadi 6.5%

    Apa berarti fungsi dari kalibrasi adalah menemukan hasil asli capacity battery tsb?

    Hasil dicatat oleh batterycare

    ReplyDelete
  15. gan laptop saya indikator LED nya aneh. padahal battrey nya masih 80%in charging. tapi indikator LED nya udah menunjukan peuh.

    ReplyDelete
  16. maap gan,, lo lebih enaknya atau yang lebih bgus,,, proses kalibrasinya lebih aman dengan manual, atau yang melalui bios,,??mahon solusinya,,

    ReplyDelete
  17. Kenapa ya, laptop saya tiba-tiba mati dengan baterai masih 50% ? padahal baterai saya masih baru beli, saya gunakan sekitar 2 bulan. Apa karena pengaturan laptopnya? atau karena baterainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. saya curiga batere palsu. kan batere laptop ori pun banyak diproduksi di china. nah kw nya pasti ada juga dong.
      Pesawat jet tempur F-35 amerika aja KW nya china bisa buat kok apalagi cuma batere.

      Delete
  18. Mas, nanya dong. Apa kalo laptop dlm keadaan mati baterenya ttp bekerja? Soalnya udh 2 kali laptop saya gk bisa dinyalakan karna batere kosong. Padahal sbelumnya tdk digunakan, mungkin 3/4hari. Penyebab nya apa ya mas?

    ReplyDelete
  19. Mass ...
    Laptop saya mati pdhal msih 50%...
    Trus sya chart trus saya lihat'in bateraix tiba2 udh 5%...
    Gmn mass ya solusix...

    ReplyDelete
  20. Mas tolong saya...
    Kan laptop baterai saya tidak bisa di charge terus saya ke device manager terus instal ulang semua system baterai dan saya kembalikan lgi tpi icon batre nya hilang dan juga saya ke properties di taskbar (mw ngeaktifin icon batre) tapi tidak bisa di on kan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama ya... Batrey Ikon di teskbar gak ada, klo yg lain seperti, Jam,Bluotuot dll masih ada cuman Batrei nya doang gak muncul.. Saya cek Tombol On Of nya hitam pudar gak bisa di pilih.

      Delete
    2. desable lalu enable kn lagi acpi battery nys

      Delete
  21. Iya xGrone Gaming.. Saya punya masalah laptop sama denganmu.
    Mohon bantuannya kak Kevin Patria.

    ReplyDelete
  22. apa masih bisa pake cara yg sama kalo baterai memang sudah benar2 tidak mengisi (0%) ketika adaptor di colok ke listrik?

    ReplyDelete
  23. saya mohon bantuannya mas mengapa laptop saya tiba tiba tidak mau di cas padahal baterai saya normal trus pas sya mau cas,langsung aja warna lampunya putih sebagai tandanya penuh padhalkan biasa warnannya merah, terus muncul dilayar icon baterainya (plugged in, not charging) mohon bantuannya mas dan balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah yg terjadi pada laptop masnya, adalah masalah umum kebanyakan laptop yaitu lampu indikator rusak. begitu pula dengan ikon..
      sesuai dengan pengalaman saya. ketika laptop menyala usahakan tidak usah dicas itu berfungsi untuk mengecek apakah baterai dalam keadaan bagus apa tidak. jika laptop kurang dari setengah jam sudah mati maka batrai laptop sudah uzur :D atau sudah waktunya rusak.
      Terima Kasih.

      Delete
  24. saya mau nanya apkah tidak ada mslah klo baterainy hny mentok smpe 87%(dlam kondisi not charging)? itu penyebabny ap ya? Mohon bantuannya Thx :)

    ReplyDelete
  25. Gan gimana cara setting di windows 8.1.. biar bisa battery life cycle... mohon jawabannya trims..

    ReplyDelete
  26. kalo baterai sdh 100% tapi begitu adaptor dicabut laptop langsung mati. kmdn saya cek tegangan baterai dg meter ternyata tegangan baterai pebuh yaitu 11,1 volt.
    mhn tanya, dalam hal ini yang rusak apanya ? baterai atau setting laptop. dan bgmn mengatasinya. trims

    ReplyDelete
  27. Mas kemaren baterai saya hanya terisi sampai 95% dan statusnya charging. Trs saya pakai sampe baterai 5% hingga laptop hibernet sendiri.. Lalu saya diamkan sampai 8jam dalam keadaan hibernet. Kemudian saya lakukan charging dalam keadaan laptop hibernet tetapi pas ditengah ngecharge indikator baterai saya kelap kelip. Saya cabut chargeran, lalu saya colok lagi sehabis itu saya nyalakan laptop dlm keadaan charging tapi pas saya liat icon baterai, malah jadi 0% dan status charging, lalu saya coba charging lama tetap 0% itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  28. Mas kalau baterai laptop masih 40 % mati sendiri dan di charge cuma bisa sampai 90% gimana solusinya mas. trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. sama masalah kita bro, itu kan kalibrasi harus dalam keadaan 100 %.. nah kalo laptop kita 80 % dah mentok itu gimana gan, bisa di kalibrasi ngga ?

      Delete
    2. kok sama sob,,,,laptop gw asus, baru 3 bulan padahal

      Delete
  29. Mass itu untuk proses kalibrasi nya harus dalam keadaan full 100% apa gak..misalnya saya kalibrasi dlm kondisi baterai 59% itu pengaruh gk?

    ReplyDelete
  30. tanya mas...
    laptop acer batere 54 % tapi walaupun pakai charger tetap statusnya plug in, not charging
    selain itu laptop baru akan nyala jika charger terpasang, dengan kata lain laptop tidak bisa hidup dengan daya batere tapi harus dengan charger walaupun baterenya masih 54 %...
    mohon bantuannya master....

    ReplyDelete
  31. Gan,kenapa di pengaturan bios laptob aku,ngga ada setingan batreynya,mohon bantuanya,karna laptob saya plluged in not charging,laptob asus x550ze

    ReplyDelete
  32. Mas mau nanya, laptop saya baru-baru ini bisanya dicas saat dalam keadaan mati, baru bisa terisi batrai nya. Tapi kalo dalam keadaan hidup, pas dicas masuk tapi batrainya gak ngisi malah berkurang, dan lampu led batrai sama power nya kedap kedip. Tapi kalo saya shut down terus saya cas, lampunya gak kedip2 lagi, terus batrainya ngisi normal. Itu kenapa ya mas? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Mas kenapa laptop saya bisa mengisi saat dicas dalam keadaan mati, kalo dicas dalam keadan laptop hidup atau sedang digunakan batrai tidak mengisi. Iti kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  35. Mas kok setelah saya mengikuti cara kalibrasi yang mas kasih tunjuk, Setelah baterai penuh, baru beberapa menit main langsung mati padahal baterainya masih menunjukan 93%. Mohon petunjuknya mas!

    ReplyDelete
  36. maaf mas mau tanya juga nih Asus saya kan x200m yang batre nya nggak bisa di lepas dia memang tiba-tiba kalo di carger nggak bisa sampe full paling full tuh 86% itu juga lampu tanda carger nya nggak jadi ijo tapi tetep oranye kelap kelip dan kalo lagi dipake tiba-tiba mati padahal sebelumnya batre nya masih ada, bagaimana. apa perlu saya perbaiki ke countre cervice nya atau pake cara diatas juga bisa? laptop saya belum ada setahun mas
    terimakasih

    ReplyDelete
  37. Selamat siang, saya mau tanya, saya punya laptop Asus, lampu indikator batre terus berkedip/menyala. Padahal kondisi laptop mati atau sudah di shutwon. batre sudah di coba copot dan pasang, namun hasil tetap sama. Mohon bantuan nya.
    Salam

    ReplyDelete
  38. Pengaturan mbr tidak aktif, aktifkan pakai aplikasi patirion mizar

    ReplyDelete
  39. mas mau tanya..
    laptop saya samsung, kalau pas dipake persentase batrei 100% tapi trus sekitan stgah jam tiba-tiba jadi 53% trus 10 menitan gitu persentasenya berubah jadi 100% lagi... pas saya coba charge bisa ngisi daya tapi persentasenya masih 100%
    terus tadi laptop dalam keadaan shutdown, saya nyalakan gak bisa & saya coba colokkan chargernya baru bisa nyala dan saat saya cabut chargernya otomatis laptop ikut mati...
    kira2 solusinya gimana ya?
    terimakasih....

    ReplyDelete
  40. gan mau tanya dong, saya sudah cari di laptop saya battery life cycle extension, tapi kok gk ada ya gi bios laptop saya. tipe laptop saya, acer aspire 4740 i5. mohoon pencerahannya ya gan. terimakasih

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. mohon bantuannya mas, laptop saya asus, baterainya tidak mau terisi 0% terus, tapi keterangannya sudah charging plugged in. tapi kalau saya lepas adaptornya, tiba2 langsung mati. bagaimana solusi nya mas? terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  43. batrai laptop saya batrai tanam mas, jadi gak bisa dilepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu zulfa bisa buka cashing laptopnya, cabut batrei dan pasang lagi.. lalu carger dalam keadaan laptop mati kurang lebih 2jam.. atau cari persamaan carger yang daya ampernya lebih besar dari carger aslinya... kalau masi tetap tidak bisa carger bisa di pastikan batrei atau ic carger laptopnya bermasalah..

      Delete
  44. Mohon bantaunnya mas,, Laptop saya Asus baru saya beli des 2014 . saya 2 minggu yang lalu kelupaan bawa charger jadi saya memakai charger laptop temen saya yang masih sama tipe arus dan tegangannya. namun, setelah selesai dicharger, indikator battery silang merah dan ada peringatan replace your battery.Walaupun indikator sprt itu, daya tahan battery masih 2 jam an tapi 3 hari yang lalu tiba-tiba battery saya hanya cukup untuk 40 menitan dan untuk ngisi full battry cuma 1 jam. saya sudah mencoba mereset battery sprt yang mas sarankan, tetapi masih bertahan 50 menit. Mohon sarannya mas, kira-kira baiknya saya harus melakukan treatment apa saja.

    Terimakasih
    Salam

    ReplyDelete
  45. baterai lapotop saya full tapi kalau cargernya dilepas laptopnya ikut mati.. bagaimana tuh mas

    ReplyDelete
  46. mantap infonya... thanks ya...

    ReplyDelete
  47. Maaf mas mau tanya, aku pake asus a455lj, sebelumnya laptopnya ga ada masalah sama sekali, tp skg pas mau dicharge ga masuk sm sekali mas. Mohon bantuannya ya mas mbak

    ReplyDelete
  48. laptop saya 2 jam mengisi batrai hanya bertambah 2% gan. gimana masalahnya tu gan? makasi

    ReplyDelete
  49. Masalah aku juga sama,laptop ku, mentok sampai 91% trus dia plug in, not charging. Itu gimana, laptop ku nggak full 100%, itu masih bisa ngelakui kalibrasi nggak? itu pengaruh nggak? mohon bantuannya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa,,, tp msh bisa brthan lma kn ,,, cma gk bsa full aj ya?

      Delete
  50. kalo notebook yang baterainya dalam, itu bagaimana cara mengatasinya? kalo di cas tidak mengisi, trus dia juga tidak bisa nyala kalo tidak disambungkan dengan listrik

    ReplyDelete
  51. Met malam, Mod.
    Dell Vostro 5470 saya, belum berulang tahun. Tapi minggu yang lalu, ada peringatan pada icon batt-nya "No battery is detected". Kalo charger-nya dicabut, netbook langsung mati. Apa yang harus dilakukan? Trims atas atensinya.

    ReplyDelete
  52. Aku mau tanya dong kak. Natebook aku merk acer bbrapa bulan yg lalu chargernya rusak trus aku beli lagi yg baru yg input outputnya sama seperti yg sbelumnya.(sebelumnya waktu chargernya rusak, natebooknya aku buat main trus sampek dayanya 0%). Setelah satu bulanan aku baru beli yg baru itu aku buat main lagi padahal dayanya masih 76% tiba" udah mati. Malah skarang prosentasinya malah naik jadi 86% tiba" mati gitu. Itu kenapa ya kak kira"? Atas jawabannya makasih

    ReplyDelete
  53. Kak saya mau tanya. Bbrapa bulan yg lalu chager natebook acer aspire one saya rusak. Trus karena waktu itu ada folder penting yg mau saya pindah di fd dan masih ngumpulin uang buat beli yg baru lagi saya pinjem charger laptop merk sama(acer). Setelah beberapa hari saya pakai dg menghemat baterai yg ada trus mati karena udah habis dayanya. Trus stelah bbrapa bulan saya baru beli charger acer yg baru yg input outputnya sama seperti sebelumnya. Setelah itu natebook saya lgsung saya chas sampek penuh(natebooknya tdk saya hidupkan selama proses men-chas). Setelah penuh akhirnya saya pakek kan natebook itu. Kira" pas daya baterai baru 45% tiba" mati sendiri trus sekarang prosentasenya malah naik jadi 76% tiba" mati. Itu kenapa ya kak. Makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  54. terimakasih informasinya.. sangat bermanfaat dan juga membantu.
    st3telkom

    ReplyDelete
  55. terimakasih informasinya.. sangat bermanfaat dan juga membantu.
    st3telkom

    ReplyDelete
  56. Gan itu mksdny 'hibernetlah laptop anda' maksudnya hibernet sendiri apa dihibernetkan oleh kita, dan
    Kn stelah hibernet 'tunggu laptop benar2 mati hingga 0%' gmana kita mngetahui bhwa sudah 0%

    ReplyDelete
  57. salam kenal gan

    saya pakai asus X550D,laptop saya mengalami hal yang serupa saya coba abiskan baterai sampa 5% kondisi hybernet dan mati dan saya sudah charge seharian, pas di nyalain ko baterai yg ke isi cuma 88 %, sebelumnya kalau di charge maksimal hanya 91% setelah itu ada keterangan " plugged in, no charging"
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  59. Mau nanya nih bro.
    Saya punya NB HP 14-204TU setelah di charge 100% dan 5 haeri kemudian battery tersisa 65%, kalo pr hari tidak digunakan saat di hidupkan berkurang antara 7% s.d 11%. Apa memang seperti semua battery NB saattidak digunakan, mohon pencerahannya... Trims

    ReplyDelete
  60. min, laptop saya tidak bisa hidup tanpa charger. Padahal status baterainya 99%. solusinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
  61. Maaf gan q mau tanya,
    laptop aq lenovo g-45, habis aq Upgrade driver bios versi diatasnya, pas proses instalasi krena lama jd aq Mati'in Paksa. stelah itu laptop gk bisa nyala ketika ada batterainya tp bgitu aq lepas batt.nya n aq pakek charger LP aq baru mau nyala.
    Lalu ktika dlam keadaan nyala dg charger aq pasang batt.nya LP aq langsung Mati .
    Nah klw kndalanya sprti itu gimana solusinuya gan...??
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  62. gan kalau terjadi mati listrik ketika kalibrasi battery gimana?
    apa yang harus dilakukan?

    ReplyDelete
  63. gan baterai laptop saya 57% sudah rerup/mati sendiri dan pada saat dicac pull,setelah laptop saya dihidupkan,baterai laptop saya 99% tolong gan solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa jadi ada indikasi baterai sudah bocor gan. baterainya sudah umur dan saatnya replace. kalibrasi tidak bisa menangani masalah jika masalahnya muncul dari gangguan fisiknya

      Delete
  64. Gan... Unknown remain itu g ada hubungan nya sama Batterai yg KW yah?! Baru beli battery OEM nih. Kok malah Indikator nya "unknown Remaining"?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang sudah saya jelaskan di di komentar saya sebelumnya gan.. indikator lampu ataupun indikator icon terkadang sudah tidak lalgi cocok dengan keadaan fisik baterai. bisa jadi baterai full namun indikator pada lampu atau icon tidak menunjukan full.

      Delete
  65. Mas, saya udah kalibrasi 2 kali tp indikatornya masih melenceng. Padahal tahap kalibrasinya udah bener :( Mohon solusinya, mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang indikator tidak menunjukan kapasitas baterai sesungguhnya. mungkin baterai sudah terisi penuuh tapi indikator tidak menunjukan penuh, itu wajar terjadi di setiap laptop keluaran lama.

      Delete
  66. Gan laptop saya mengisi tapi baterainya terus berkurang..

    ReplyDelete
  67. Coy Buat Cara Mengatasi Baterai Saat Di Charger tiba tiba Laptop KE Restart sendiri,pliss,jawab ya.^_^

    ReplyDelete
  68. gan Baterai saya 0% tapi bisa digunakan selama 2-3 jam.
    kenapa bisa gitu ya

    ReplyDelete
  69. Pakailah laptop seperti biasa hingga indikator baterai menunjukan 5%

    Dalam kondisi baterai 5% "hibernate"-lah laptop anda.

    batre baru 40% sudah mati mas, gak sampe 5%. itu gimana?

    ReplyDelete
  70. Mas laptop saya sdh saya kalibrasi sesuai cara yang mas kasitau cmn masih aja mati tiba tiba padahal baterai nya masih 40% an jadi menggangu banget . apa saya salah di langkah langkah nya atau gimana ?

    ReplyDelete
  71. Kalau laptop saya merk asus type U46S, sudah pake tahun ke 5 tapi baru kali ini baterainya terus2an 100% walaupun sudah dipakai beberapa lama tapi 1 jam kemudian langsung mati padahal biasanya tahan sampe 4 atau 6 jam. Ada solusi gak?

    ReplyDelete
  72. disaat saya mematikan laptop pada pagi hari,, baterai masih berisi >50%,, namun kenapa disaat saya menyalakan di sore hari baterai justru tinggal <10%... apakah ada pengaturannya ? terima kasih

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Mas saya mau nanya ketika saya lgi cas leptop tpi kok pengisiannya gak mau berjalan ???bagaimana cara nya tlong pendapat nya.

    ReplyDelete
  75. Batre saya 100 persen mas, tapi pas charger dicabut, laptop ikut mati..dan gabisa nyala tanpa charger.. gimana ya ?

    ReplyDelete
  76. Bukannya nggk boleh ya kalo laptop itu baterainya sampe habis?

    ReplyDelete
  77. Bukannya nggk boleh ya kalo baterai laptop sampe 0%?

    ReplyDelete
  78. gan, kenapa yah kok saya baru instal windows 10 batrei leptop saya lebih cepet habisnya, jauh banget pada saat diwindows 7. kalau memang lebih banyak system yang aktif sehingga menimbulkan borosnya batrei mungkin terlalu lumrah yah gan, mohon solusinya gan
    makasi gan :)

    ReplyDelete
  79. Bos. Laptop saya merk hp notebooks tipe ab128tx. Lampu indikator saat mengisi baterai berwarna merah kalau full berwarna putih. Tapi dah dua hari ini lampu indikator nya tidak berubah dari merah ke putih padahal dah 100℅.
    Itu kenapa yah? Mohon bantuannya. Thanks

    ReplyDelete
  80. Tidak ada solusinya selain beli lagi

    ReplyDelete
  81. Tapi kalau laptopnya batrei sudah bocor itu bagaimna? n awalnya masih bisa di pakai tapi, stelah bberapa minggu kok gak bisa di kasih nyalah. itu solusinya bagaimana kk'? lalu kalau saya kasih nyalah tanda powernya menyalah sebentar, tolong solusinya?

    ReplyDelete
  82. Gan, saya baru beli laptop, laptop saya kok suka mati tiba tiba pedahal battrenya full

    ReplyDelete
  83. Gan kenapa yaa batre laptop saya kalo uda 30/40% tiba" tinggal 7% ..
    tapi dari 100% ke 40% irit kaya biasanya ...
    Kenapa ya gan ? Tlong solusinya ..
    Kata teman saya itu indikator persenanya yg eror

    ReplyDelete
  84. Mas minta solusi. kejadian laptop teman saya gini:ketika adapter dicabut, tanda ngecas masih ada. Dan lampu tanda ngecas juga masih nyala. Padahal casan sudah dilepas. Ini gimana gan? Tolong gan

    ReplyDelete
  85. Gan minta solusi. Laptop temen saya masih menyala lampu indikator cas nya. Padahal casan sudah dilepas alias dicabut. Dan di indikator batrey juga masih ada gambar casan yg menandakan adapter masih terpasang. Ini gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di saya malah sebaliknya, di chas tapi indikator tidak nyala. tolong solusi agan2, trims

      Delete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. saya mau bertanya, kemarin sebelum laptop saya di install ulang. orang yang ditoko buat perbaiki laptop, bilang nya baterai laptop saya yang rusak. jadilah saya ganti baterai, karena saya menyampaikan keluhan. dimana baru 50% baterai nya udah langsung mati. setelah di ganti. malah baterai barunya yang zonk. biasanya tuh kalau lowbatt masih bisa nyala. ini gahidup sama sekali. akhirnya, saya balik ke toko tersebut. dia bilang install ulang karena laptop saya udah banyak virus. dan saya pun minta refund duitnya dan juga sekalian install ulang. setelah install ulang. nyatanya saya pakai baterai lama pun disaat 50% tetap lgsg mati. solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  88. Cara menaikan designed capacity baterai laptop yg sudah 0mah gimana boss.

    ReplyDelete
  89. Saya mau coba kalibrasi nih. Tapi pas mau isi full baterai 100% ga bisa tau soalnya masalah laptop saya itu indikator baterainya selalu penuh. Bahkan setelah mati saat di charge itu indikator nya langsung penuh 100%.gimana nih?

    ReplyDelete
  90. Untuk melakukan kalibrasi itu dari batterainya 100% full terus di pakai sampai habis 0% setelah itu diisi lagi sampai 100% tanpa di gunakan/dihidupkan kayak gitu enggak gan siklus kalibrasi?

    ReplyDelete
  91. cara memperbaiki laptop.di icon deskop batrainya masih penuh padahal daya batrai itu sudah habis tolong dong bantuannya.terus karena icon d batrai masih penuh jadinya laptop saya sering mati sendiri karena dayanya itu sudah habis

    ReplyDelete
  92. cara memperbaiki laptop.di icon deskop batrainya masih penuh padahal daya batrai itu sudah habis tolong dong bantuannya.terus karena icon d batrai masih penuh jadinya laptop saya sering mati sendiri karena dayanya itu sudah habis

    ReplyDelete
  93. Abis ganti baterai tulisan unknown remaining tidak jalan dicas pakai charge.

    ReplyDelete
  94. Tulisan baterai unknown remaining kenapa ya

    ReplyDelete
  95. keren bgt sih ini ,makasih sudah mau share
    https://cody.id/produk/blower/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    ReplyDelete
  96. klo kalibarasi via bios itu keadaan batre nya 100% dulu ya?

    ReplyDelete
  97. mas, bantu tutorial mengatasi lampu indikator tidak nyala saat di charger. asus x44u, terimakasih yang bantu.

    ReplyDelete
  98. Mas kalo laptop saya pas presentase baterai 40% ko langsung drop ke 8% itu kenapa ya

    ReplyDelete
  99. Mohon bantu pak, saya punya laptop acer kalau mau cas harus keluar dulu batreinya, setelah itu colokan charger dan hidupkan laptop.sementara laptop dihidupkan kita masukan batrei dan pada saat ini baru chragernya bisa masuk dan tertampung

    ReplyDelete
  100. Saya mau tanya , persentase batere laptop saya 100% terus tapi baterai baik baik aja itu kenapa ya ? Harus di kalibrasi juga?

    ReplyDelete
  101. Laptop asus n46vm saya sering mati sendiri padahal batrai masih banyak. Namun jika dalam keadaan dicharge tidak mati. Kenapa yah? Apa masalah dibatrai atau overheat krna lain.

    ReplyDelete
  102. Tapi laptop saya 50% langsung mati aja, gimana caranya mau nunggu 5% dulu? Tolong solusi nya kak, itu batrai baru 7 bulan beli

    ReplyDelete
  103. Yang saya kayak gitu juga,tapi kalo chargernya di cabut laptopnya mati itu gimana ya?

    ReplyDelete
  104. mau tanya, mhn bantuannya. kalau casnya hidup mati teurs menerus bagaiaman? 5 menit sekali putus, trus nyambung lagi. terus menerus seperti itu. apanya yang rusak ya?

    ReplyDelete
  105. mau tanya, mhn bantuannya. kalau casnya hidup mati teurs menerus bagaiaman? 5 menit sekali putus, trus nyambung lagi. terus menerus seperti itu. apanya yang rusak ya?

    ReplyDelete
  106. maaf mau tanya mas, kalo batre laptop habis walaupun udah shut down itu gmana solusinya ya?

    ReplyDelete
  107. Ka kan saya ces laptop saya ga bisa penuh 57 terus tapi kemarin pas saya buka laptopnya tinggal 30 persen itu gmna ka

    ReplyDelete
  108. Wah terima kasih atas informasinya sehingga kami memahami terkait baterai laptop ini.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir
    https://bangamingadget.com/mengatasi-baterai-laptop-0/

    terima kasih

    ReplyDelete